Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat & Susu Kambing Etawa

Susu kambing semakin dicari oleh orang saat ini baik susu murni maupun susu bubuk. Susu sapi mengandung alfa1casein yang berperan sebagai alergen utama sampai 33,7 persen, lebih tinggi dibandingkan susu kambing yang hanya 3,9 persen sebut Ajeng Erika Prihastuti Haskito seperti yang dilansir oleh Kompas. Ajeng merupakan salah satu dari empat dosen Universitas Brawijaya (Masdiana Cendrakasih Padaga, Ar Rohman Taufiq Hidayat dan Kartika Putri Kumalasari) yang meneliti khasiat susu kambing sejak tahun 2016.

Kita sekarang mengenal khasiat susu kambing tidak kalah dengan susu sapi dan menjadi tambahan alternatif selain mengkonsumsi susu nabati. Meskipun semakin diminati harga beli konsumen untuk produk susu kambing masih lebih mahal dibandingkan susu sapi. Contohnya produk susu kambing dari PT HNI dijual dengan harga mulai dari Rp. 70 ribu hingga Rp. 90 ribu tergantung dimana domisili agen yang menjual produk tersebut.

Kandungan Gizi dalam Susu Kambing

Ada banyak kandungan gizi dalam susu kambing yang telah ditemukan para peneliti. Selenium, niasin, dan vitamin A lebih banyak dibandingkan dengan susu formula sapi. Protein dari susu kambing memiliki potensi alergi yang lebih kecil. Susu ini juga memiliki lebih sedikit laktosa daripada susu sapi.

Susu formula kambing juga dapat membantu mengurangi masalah dengan regurgitasi pada anak kecil dikarenakan partikel lemak yang lebih kecil dan dadih protein yang lebih lembut. Regurgitasi adalah naiknya makanan dari kerongkongan atau lambung tanpa disertai rasa mual ataupun kontraksi otot perut yang kuat.

Asam linoleat terkonjugasi yang terdapat dalam susu kambing juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan otak. Selain itu susu kambing juga memberikan penggunaan zat besi yang lebih baik dalam arti mengurangi kemungkinan interaksi antara zat besi dan mineral lain seperti kalsium, fosfor, dan magnesium.

Berikut beberapa nutrisi yang terdapat didalam susu kambing:

  • Mengandung Asam Lemak Esensial
  • Agen Metabolik
  • Kaya Kalsium
  • Fosfor
  • Sodium
  • Flourin
  • Betakasein
  • Oligasakrida

    Oligasakrida merupakan jenis karbohidrat yang terbentuk dari tiga sampai sepuluh zat gula sederhana (Wikipedia). Oligasakrida meningkatkan pertumbuhan bakteri menguntungkan dan melindungi usus bayi dari bakteri berbahaya.

Apa Khasiat Susu Kambing?

  1. Melancarkan Produksi ASI
  2. Meningkatkan Kecerdasan Anak

    Susu kambing etawa hampir mirip dengan Air Susu Ibu atau ASI. Kita semua tahu jika pemberian ASI eksklusif kepada anak akan membuat si anak menjadi lebih cerdas dan lebih kuat. Oleh karena itu sebagian ibu yang terkendala dengan ASI memberikan susu kambing etawa untuk bayi mereka.

  3. Mencegah dan Mengatasi Stres
  4. Baik untuk Kesehatan Jantung
  5. Mengobati Penyakit Pernapasan
  6. Perawatan Kecantikan
  7. Meningkatkan Antibodi
  8. Bisa Digunakan untuk Diet
  9. Menyehatkan Lambung
  10. Baik untuk Pencegahan dan Pengobatan Diabetes
  11. Bisa Obati TBC

Berapa kali minum susu kambing dalam sehari?

Untuk Terapi Penyembuhan Penyakit : Minum susu kambing etawa ini 3 kali sehari. Larutkan 1 sachet susu kambing etawa dan seduh dengan air hangat +- 150 cc air. Untuk menjaga kebugaran : Minum susu kambing etawa ini 2 kali sehari.

Posting Komentar untuk "Manfaat & Susu Kambing Etawa "